Blogger Widgets habibah

Rabu, 03 Desember 2014

penerapan e-bisnis



Saya melakukan survei di usaha Ibu Salbiyah yang bergerak di bidang makanan ringan yaitu pothil salah satu makanan khas candimulyo. Proses pembuatan dan pengemasan pothil dilakukan Ibu Salbiyah dengan dibantu oleh beberapa karyawanya yang tidak lain adalah tetangganya. Sedangkan proses pemasaran dilakukan oleh suami Ibu Salbiyah. Usaha beliau terbilang cukup besar dan maju karena pothil beliau sudah terkenal sampai di luar daerah (kecamatan).Namun pada usaha ini masih minim sarana untuk promosi dan juga pemasaran yang hanya mengandalkan telepon atau dari mulut ke mulut belum menambah sarana promosi dengan menggunakan media internet atau merambah di dunia online.
Untuk menambah sarana promosi dan pemasaran, maka Ibu Salbiyah perlu menerapkan konsep e-bisnis dalam usahanya. Disini Ibu Salbiyah bisa menggunakan situsBlog untuk mempromosikan atau memasarkan produknya, keunggulan dari produk tersebut, dan cara pemesanan via online.
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan Ibu Salbiyah dalam pembuatan Web:
1.      Hardware
a.       Laptop yang digunakan sebagai sarana promosi atau pemasaran
b.      Modem sebagai jaringan penghubung untuk menghubungkan ke internet agar lebih mudah mengakses informasi dari internet
c.       Camera digital
Agar Ibu Salbiyah bisa menampilkan gambar atau foto varian pothil dengan rasa yang berbeda-beda
2.      Biaya yang perlu dikeluarkan oleh Ibu Salbiyah diantaranya:
a.       Laptop dengan harga Rp 4-5  juta
b.      Modem Rp300.000
c.       Camera digital dengan harga  Rp 1,5juta
3.      Software
a.       Adobe Dreamweaver:
software ini berguna untuk mengedit tampilan web yang sesuai dengan gambaran umum tentang produk Ibu Salbiyah
b.      Notepad:
software ini berguna untuk mengedit tampilan web berbasis text yang berguna untuk menulis nama produk yang disediakan, no telephon yang harus di hubungi, no rek untuk pembayaran dan selogan- selogan yang menarik para pelanggan
Dengan menggunakan situs internet maka pemasaran atau promosi produk Ibu Salbiyah akan lebih maksimal, serta dapat mengembangkan usahanya yang  dapat menambah penghasilan dari banyaknya pemesan dari berbagai kalangan masyarakat. Selain menggunakan situs Blog Ibu Salbiyah juga bisa menggunakan situs lainya seperti: facebook, twitter dan situs lainya.
            Demikianlah konsep e-bisnis yang dapat saya terapkan didalam usaha Ibu Salbiyah, sehingga didalam hal promosi yang beliau lakukan di dalam website yang dibuat dan mampu menigkatkan pemasaran serta dapat memanfaatkan teknologi yang ada yaitu internet sebagai sarana promosi atau pemasaran dari usahanya dan dapat bersaing degan produk dari usaha lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar