Blogger Widgets habibah

Rabu, 10 Desember 2014

Tren dan Tantangan E Bisnis


Pengenalan E-Business - E-business mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi (TI), khususnya teknologi jaringan dann komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis” (Romney/Steinbart).

katagori-kategori trend:
Kategori Trend: Pelanggan
1. Pelayanan yang cepat
    Pelanggan memperhatikan waktu dari pelayanan sebagai alasan melakukan bisnis   dengan suatu perusahaan.2. Swalayan (self-service)
    Keinginan konsumen dapat berbelanja kapan saja, dimana saja, selama tersambung dengan internet.
3. Beragam pilihan (more products choices)
    Seiring dengan meningkatnya daya dan perhatian konsumen, perusahaan berusaha menyediakan berbagai variasi 
    produk dan jasa, beserta kustomisasi produk.
Kategori Trend: e-Service
1. Penjualan & layanan (integrated sales & service)
    Konsumen sekarang menginginkan informasi yang cepat, akurat, konsisten dan mereka mengharapkan layanan 
    sebelum dan sesudah membeli.
2. Jasa pengantaran yang nyaman dan persyaratan yang fleksibel
     Konsumen menginginkan semua serba cepat. Jadwal yang padat pada rutinitas konsumen memaksa perusahaan 
     untuk memproduksi produk dan layanan yang inovatif.
3. Meningkatkan keterbukaan proses bisnis (increased process visibility) 
    Process visibility berarti menyediakan konsumen terhadap akses yang akurat, terhadap informasi waktu tentang 
    status order, penetapan harga produk, dan ketersediaan produk. Meningkatkan keterbukaan mempunyai dampak 
    yang signifikan dalam menciptakan permintaan (demand), sebagaimana memberi dampak yang sama dengan 
    mempertahankan konsumen.

Kategori Trend: Tenaga Kerja
1. Mempekerjakan yang terbaik (hiring the best and brightest)
2. Mempertahankan karyawan berbakat (keeping talented employees)

Kategori Trend: Teknologi Perusahaan
1. Integrasi saluran (multichannel integration)
     Integrasi layanan berarti menyediakan standar layanan pelanggan berkualitas tinggi disemua saluran. Pelanggan 
    tidak peduli di saluran mana akan berhubungan dengan perusahaan mereka menginginkan layanan dengan 
     kualitas yang sama karena itu integrasi saluran merupakan suatu hal yang penting.
2. Aplikasi penghubung (middleware)
     Untuk mempertemukan bisnis dan teknologi terkadang diperlukan suatu aplikasi penghubung(middleware)

Kategori Trend: Teknologi Umum
1. Aplikasi web nirkabel (wireless web applications)
     Aplikasi wireless yang begitu nyaman, mudah dan bermanfaat ini akan banyak membantu dalam mengatur 
     bisnis, mengelola jadwal pribadi, pengiriman e-mail, telepon, hingga mencari restoran yang terbaik tanpa 
     berjalan kaki.
2. Konvergensi infrakstruktur (infrastructure convergence)
     Aplikasi wireless yang begitu nyaman, mudah dan bermanfaat ini akan banyak membantu dalam mengatur 
     bisnis, mengelola jadwal pribadi, pengiriman e-mail, telepon, hingga mencari restoran yang terbaik tanpa 
     berjalan kaki.
3. Penyedia jasa aplikasi


Ada sejumlah tantangan yangyang harus dihadapi perusahaan:

1. Tantangan strategi bisnis
Ketangguhan sistem informasi e-Business terletak pada bagaimana perusahaan merumuskan dan menuangkan strategi bisnisnya yang handal dalam sistem tersebut misalnya strategi harga, strategi produk, strategi teknologi dan sebagainya.

2.Tantangan globalisasi
Perusahaan-perusahaan lokal yang ingin berlaga di pasar global harus memahami seluk beluk bisnis dalam lingkungan ekonomi global. Lingkup pasar berubah menjadi lebih luas. Perbedaan platform seperti bahasa, budaya, politik, harga, perilaku konsumen, kebijakan pemerintah dan sebagainya dapat menjadi masalah dan ancaman kerugian.

3.Tantangan arsitektur informasi
Keputusan perusahaan untuk mengembangkan sebuah arsitektur informasi yang baru guna mendukung tujuan bisnisnya.

4.Tantangan investasi
Perusahaan harus mampu merumuskan visi dan anggaran untuk berinvestasi teknologi informasi dengan skala yang luas. Hal ini sangat kompleks dan membutuhkan perhatian yang serius

5.Tantangan kemampuan untuk merespon dan mengontrol
Perusahaan tertantang untuk merancang sistem-sistem yang mudah dipahami dan dikontrol agar sistem informasi yang dibentuk mampu memberikan respon yang cepat dan tepat.

6.Tantangan operasional
Kemampuan suatu perusahaan untuk memelihara informasi yang disajikan dalam situs web. Perusahaan juga dihadapkan pada persoalan keamanan data yang di-share dalam jaringan global tersebut karena banyak hacker dan cracker yang berlalu lalang.

7.Tantangan komunikasi
Kemampuan untuk mengkomunikasikan rencana induk pengembangan sistem kepada sumber daya manusia agar mereka dapat memahami, menerima dan mau menggunakan secara optimal



sumber : http://kakeyo.blogspot.sg/2011/11/pengenalan-dan-merancang-strategi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar